Kegiatan Apel Tasyakuran HUT Ke-16 Bawaslu di halaman kantor Bawaslu Provinsi Kalsel , Selasa(16/4/2024) / Foto: Edwin

Banjarmasin, Bawaslu Kalsel – Di usianya yang ke 16 tahun , peran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengawal dan menegakkan demokrasi sangatlah penting untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas . Oleh karena itu upaya untuk menjaga integritas , soliditas dan profesionalitas lembaga pengawas pemilu ini harus tetap dibangun . Pesan ini disampaikan Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono dalam kegiatan Apel Tasyakuran HUT Ke-16 Bawaslu di halaman kantor Bawaslu Provinsi Kalsel , Selasa(16/4/2024).

” Perayaan HUT Ke 16 Bawaslu tidak hanya sekedar menjadi kegiatan seremonial saja, melainkan lebih jauh lembaga ini melalui tugas dan fungsi nya terus maju dan berkembang ,mengabdi untuk bangsa dan negara “

ujar Aries

Lebih lanjut Aries mengharapkan, momentum 16 tahun Bawaslu yang jatuh pada 9 April lalu , dapat menjadikan pemilu di Indonesia yang berintegritas dan menghasilkan pemilih pemilu yang cerdas.

Dalam Apel Tasyakuran HUT Ke-16 Bawaslu yang juga diselenggarakan serentak di kantor Bawaslu seluruh Indonesia ini , juga dilakukan penganugerahan tanda kehormatan penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi Pegawai Negeri Sipil Bawaslu yang telah berbakti selama 10 , 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian kepada Pancasila, UUD 1945 dan bangsa Indonesia.

Di lingkungan Bawaslu Provinsi Kalsel , penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya diberikan kepada Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel Teuku Dahsya Kusuma Putra dengan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun . Penyematan Satyalancana dilakukan Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono kepada Teuku Dahsya Kusuma Putra .

Usai apel , dilanjutkan dengan kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H di lingkungan Sekretariat Bawaslu Kalsel dan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur HUT ke 16 Bawaslu di aula kantor Bawaslu Provinsi .