kalsel.bawaslu.go.id, banjarmasin – Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan telah mengumumkan 15 peserta yang akan melanjutkan Tes Kesehatan dan Tes Psikologi Tahap II (dua). 15 Peserta yang lulus Uji CAT, Tes Kesehatan dan Tes Kejiwaan Tahap I (satu) telah di umumkan pada hari Senin, Tanggal 14 Agustus 2017 melalui Official Media Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan dan media cetak. Banjarmasin, 15/08/2017.

“hasil CAT berdasarkan Pleno Tim Seleksi telah kami umumkan di Media Cetak dan Website Resmi Bawaslu Kalimantan Selatan. Bahkan kami juga sudah mengirimkan SMS kepada masing – masing peserta. Kepada peserta juga telah kami sampaikan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti Tes Kesehatan dan Tes Psikologi Tahap II. Termasuk harus berpuasa 8 sampai 10 jam sebelum pengambilan sample darah.” Tutur Koordinator Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan.

 

 

Pada tanggal 16 Agustus 2017 diagendakan Peserta Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan akan mengikuti tes kesahatan tahap II dan tes psikologi. Tes kesahatan tahap I yang meliputi Tes Mata, Tensi Darah, Tinggi dan Berat Badan, THT dan Pendengaran. Untuk Tes Kesehatan Tahap II Peserta Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan akan di tes uji ketahanan fisik.

 

Bawaslu bekerja sama dengan Mabes Polri untuk membantu seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Se Indonesia. Mapolda Kalimantan Selatan juga telah menunjuk Rumah Sakit Bhayangkara untuk membantu memfasilitasi Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan.

 

“Dalam Tes Kesehatan tahap II meliputi Tes Darah, Tes Urine, Foto Rontgen, Rekam Jantung dan nanti ada Tread Mill yang dipandu oleh Dokter Spesialis Jantung dari RS. Bhayangkara.” Terang Menik Sri Rahayu Staff Kesmapta RS. Bhayangkara Banjarmasin

 

 

Dalam tes urine nanti lebih detail akan ada Tes Kehamilan khusus untuk peserta perempuan, dan Tes Narkoba untuk perempuan dan laki – laki. Untuk Rontgen dipandu oleh Dokter Spesialis Radiologi.

 

Dari 15 peserta yang telah masuk dalam grade 12 besar oleh Tim Seleksi, setelah mengikuti Tes Kesehatan tahap II dan Tes Psikologi II serta Tes Wawancara, Tim Seleksi akan menyerahkan 6 nama ke Bawaslu RI yang dinyatakan layak untuk mengikuti FPT Bawaslu RI

 

“Jadi kita memiliki acuan grade penilaian yang telah di atur dalam Peraturan Penerimaan Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan. 15 Peserta yang mengikuti tes saat ini telah memenuhi 12 grade penilaian. Selanjutnya dari tes ini serta Tes Wawancara akan tersaring 6 nama yang sudah merupakan pilihan untuk dapat lanjut mengikuti FPT di Bawaslu Pusat. ” terang Prof. Ahmadi, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan

 

Tes Kesehatan II yang dimulai jam 8 pagi, hari Rabu kali ini berjalan lancar serta semua peserta hadir dalam pelaksanaan Tes Kesehatan II yang dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin. Selanjutnya Tes Psikologi II akan dilaksanakan di Mapolda Kalimantan Selatan mulai tanggal 18 Agustus 2017.

Penulis / foto : bagus