Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono dalam Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Kalsel, di Aula KPU Kalsel , Jumat, (1/03/2024)/ Foto: Edwin

Banjarmasin, Bawaslu Kalsel – Menjelang kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara di tingkat Provinsi, Bawaslu Kalsel menegaskan komitmennya untuk terus melakukan pengawasan melekat di setiap tingkatan . Menurut Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono, dalam pleno terbuka tingkat provinsi nanti ,pihaknya juga akan menyampaikan sejumlah catatan hasil pengawasan mulai dari persiapan ,penyediaan logistik , proses pungut hitung hingga rekapitulasi suara sebagai bahan evaluasi , Jumat , (1/03/2024)

” Kita berharap persoalan keberatan atau selisih hasil sudah diselesaikan di tingkatan setempat sampai di tingkat Kabupaten/kota , sehingga nanti rekap di tingkat Provinsi sudah tidak ada persoalan “

kata Aries

Anggota Bawaslu Kalsel Akhmad Mukhlis mengharapkan , kegiatan rekapitulasi suara di tingkat provinsi nantinya berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlalu. Tidak ada pelanggaran administrasi dan tata cara prosedur yang terjadi sehingga bisa berakibat pada pelanggaran formil.

Sementara itu Anggota Bawaslu Kalsel Thessa Aji Budiono yang juga hadir dalam Rapat Koordinasi persiapan rekapitulasi hasil penghitungan Perolehan suara tingkat Provinsi Kalsel mengatakan, Bawaslu Kalsel juga akan menghadirkan perwakilan Bawaslu Kabupaten/kota dalam kegiatan pleno terbuka nanti. Hal ini dilakukan untuk kegiatan pendampingan dan pengawasan yang sudah mereka lakukan di tingkat kab/kota.

Sesuai jadwal KPU , kegiatan rekapitulasi suara di tingkat Provinsi rencananya akan digelar selama 3 hari mulai 6 – 8 Maret 2024. Sementara pada 5 Maret 2024, KPU di 13 Kabupaten/kota menyerahkan D Hasil dan Kejadian Khusus kabupaten/kota ke KPU Provinsi. Kegiatan pleno terbuka di tingkat provinsi akan dibackup penuh pengamanan dari pihak TNI/Polri dan Satpol PP.