Memasuki semester pertama tahun 2022, Tim Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Kalsel (Tim KIP Bawaslu Kalsel) mengoptimalkan perangkat pelayanan informasi jajarannya di Kabupaten / Kota se-Kalsel. Optimalisasi difokuskan pada pelayanan informasi publik secara online, dengan mengupdate Website PPID Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel. Tabalong (20/05/2022)

Update website PPID Bawaslu Kabupaten/Kota yang dilakukan secara bertahap telah menyisir daerah Hulu Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Kegiatan yang dilakukan melalui agenda supervisi, Tim KIP Bawaslu Kalsel berfokus pada pelaksanaan sosialisasi keterbukaan informasi dan melakukan pemeriksaan serta update perangkat pelayanan informasi online jajarannya.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi Kordiv Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kalsel; Nurkholis Majid menjelaskan sangat memahami kendala – kendala yang dialami disetiap daerah sangat beragam. Mulai dari ketersediaan anggaran, keterbatasan SDM, penguatan pemahaman regulasi. Namun Dia kembali mengajak jajarannya untuk mengingat kembali, jangan terlena dengan kendala – kendala yang ada namun lihat kembali potensi dan peluang yang dapat dikembangkan.

“semangat kita kali ini ingin mengoptimalkan perangkat pelayanan informasi online. Perangkat Pelayanan Informasi Online yang telah kita bangun dalam Aplikasi DMS dan Web PPID ini harus dimiliki juga oleh PPID Bawaslu Kabupaten / Kota. Dengan workflow aplikasi yang kita program sedemikian rupa sehingga data – data ini nanti dapat terhubung di 13 Kabupaten/Kota.”

Nurkholis Majid

Kordiv Hukum, Humas dan Datin, Bawaslu Kalsel

Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Kalsel; H. Supriyanto Noor yang juga mendampingi pelaksanaan supervisi menjelaskan bahwasannya kegiatannya yang telah disusun ini adalah dalam rangka menyiapkan rumah bagi pelaksanaan pelayanan informasi publik bagi Bawaslu Kabupaten / Kota sesuai dengan amanat Perbawaslu Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pelayanan Informasi Publik.

Dia pun menjelaskan bahwasannya optimalisasi Aplikasi DMS yang telah dilaksanakan perkuartal tahun sebelumnya telah memiliki workflow yang baik. Selanjutnya installasi Website PPID bagi Bawaslu Kabupaten/Kota menjadi salah satu hilir bagi publik yang ingin mendapatkan akses dokumen badan publik.

Foto

Uci