Ada Fluktuasi bertambahnya TPS dan berkurangnya jumlah pemilih saat Rekap PDPB

by | May 11, 2022 | Berita | 0 comments

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang dilaksanakan bersama Bawaslu Kalsel, KPU Kalsel, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Kalsel. Berdasarkan Berita Acara KPU Kalsel Nomor:12/PL.02.1-BA/632022; Daftar Pemilih Berkelanjutan untuk bulan Maret dengan jumlah sebanyak 2.794.166 Pemilih Bulan Berjalan dan sebanyak 9.070 sebaran TPS Bulan Berjalan. Banjarmasin (10/05/2022)

Bila dibandingkan dengan rekapitulasi PDPB bulan Februari, dimana jumlah Pemilih Bulan berjalan sebanyak 2.794.887 pemilih. Terdapat selisih jumlah pemilih yang berkurang sebanyak 721 pemilih bila dibandingkan dengan rekap bulan Maret.

Kondisi yang berbeda saat rekapitulasi PDPB bulan Februari ada 9.069, dibandingkan dengan hasil rekapitulasi PDPB hingga bulan April ada 9.070 TPS. Sejak rekap bulan Maret bertambah 1 TPS dari Kabupaten Barito Kuala.

Ketua Bawaslu Kalsel; Erna Kasypiah menengarai ada kemungkinan berkurangnya daftar pemilih yang diikuti dengan penambahan jumlah tps bila melihat data hasil rekapitulasi.

“ada potensi penambahan tps di beberapa wilayah, namun kami juga menemukan potensi pengurangan jumlah pemilih di wilayah tertentu.”

Erna Kasypiah

Ketua, Bawaslu Kalsel

Menanggapi hal tersebut, Anggota KPU Kalsel; Siswandi menjelaskan bahwa pada intinya penambahan atau pengurangan jumlah TPS dapat dilakukan menyesuaian fakta dilapangan. Dia menegaskan bahwa hal tersebut juga telah relevan dengan amanah PKPU RI Nomor 9 Tahun 2017 dimana mengenai penetapan Jumlah, lokasi, bentuk, dan tata letak TPS ditetapkan oleh KPU Provinsi.

“ada potensi penambahan maupun pengurangan. Saat ada penambahan pemilih satu daerah, tentu kami akan melakukan penataan ulang jumlah pemilih daerah tersebut. Faktor yang kedua perlu menjadi perhatian, terkait adanya pemekaran jumlah kecamatan di daerah tertentu. Tentu kami akan menunggu surat balasan dari KPU RI untuk selanjutnya dapat kami tata ulang di aplikasi si dalih.”

Siswandi Reyyan

Anggota, KPU Kalsel

Infografis

Jodi

Foto

Jodi