Peserta SKPP dibekali Teknik jurnalistik Media Sosial

by | Oct 15, 2021 | Berita | 0 comments

Pemilihan media publikasi, tentu akan mempengaruhi pola penyampaian informasi. Kadang informasi cukup dengan pesan singkat, ada komunika harus dapat menjelaskan secara detail. Dengan ragam sosial media saat ini, diharapkan peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Menengah memiliki pola komunikasi massa yang efektif. Mengundang praktisi media massa ternama di Provinsi Kalimantan Selatan, Peserta SKPP Tingkat Mengenah Kalsel yang merupakan calon influencer pengawasan partisipatif mendapatkan Teknik Jurnalistik bermedia sosial. Banjarmasin (15/10/2021)

Jurnalistik sendiri adalah pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing) dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

Jenis Media Jurnalistik (Platform) ada beberapa macam, yakni;

  • Media Cetak : Koran, Tabloid
  • Media Elektronik : Radio/ Televisi
  • Media Siber : Online/ Sosmed

Jurnalisme Media Sosial merupakan pelaporan berita yang dilakukan jurnalis melalui media sosial/Media Journalism. Jurnalisme media sosial muncul karena khalayak sering mengakses media sosial. Para jurnalis mempublikasikan berita di media sosial supaya khalayak dapat menerima berita selagi mengakses media sosial.” Jelas Hari

Hari Tri Widodo

Wartawan

Praktisi media massa yang telah lama malang melintang di Kalsel menegaskan Jurnalisme Warga merupakan kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporann analisis serta penyampaian informasi. Dalam jurnalisme warga, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri.

Peserta SKPP Tingkat Menengah juga mendapatkan materi mengenai kode etik jurnalistik, yang diantaranya Wartawan Indonesia harus bersikap Independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk, Wartawan Indonesia menempuh cara – cara yang professional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

 

Penulis

Reghea

(Humas Kota Bjb) 

Foto

Henry