Jalin sinergitas bawaslu kalsel dan KPU kalsel

by | Jun 20, 2020 | Berita | 0 comments

Banjarmasin, Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan – Ketua KPU Kalsel, Sarmuji mengundang Bawaslu Kalsel pekan lalu. Undangan tersebut bertujuan untuk menjalin Sinergitas KPU Kalsel dan Bawaslu Kalsel. Ketua KPU Kalsel mengharap kedepan ada giat seperti ini yang dapat diduplikasi oleh KPU dan Bawaslu Kabupaten / Kota di Kalimantan Selatan.

Giat yang diselenggarakan di Aula KPU Kalsel ini menjadi urgensi tersendiri saat PKPU belum di sahkan. (11/06/2020)

Dalam penyelenggaraan Pemilihan, baik KPU dan Bawaslu harus berpegang pada PKPU dan Perbawaslu sebagai aturan Yuridis Lembaga Penyelenggara Pemilu dalam menjalankan tugas. Namun selain itu KPU dan Bawaslu juga harus memperhatikan pedoman etik yang ditetapkan oleh Dewan Penyelenggara Pemilu. Adapun Peraturan penyerta seperti Peraturan terkait Netralitas ASN, TNI dan Polri. Selain itu biasanya Peraturan Penyerta KUHP terkait Delik Aduan yang menjadi objek pembahasan di Sentra Gakkumdu.

“Implementasi terhadap dua Regulasi di dua Lembaga perlu disinergikan. Kemudian perlu ada teknik pendekatan khusus terhadap permasalahan yang ada. Pendekatan ini harus berlatar belakang dua Regulasi yang ditegakkan oleh dua Institusi Ppenyelenggara Pemilu.” 

Anggota KPU Kalsel, Edy Ariansyah

Sebagai dua Lembaga Penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu yang diamanatkan untuk terjun langsung ke lapangan. Memastikan Asas pemilu yang Luber Jurdil dapat berjalan dalam Penyelenggaraan Pemilihan tanpa mengurangi Esensi Demokrasi yang sesungguhnya.

Disambut oleh seluruh Komisioner KPU Kalsel beserta Sekretaris; Erna Kasypiah dan Aries Mardiono berhadir selaku Komisioner Bawaslu Kalsel, didampingi oleh Kasubbag PAPDI, Dewi Muliani. Giat Sinergitas KPU Kalsel dengan Bawaslu Kalsel berjalan dengan lancar.

“Penanganan Pelanggaran,Pencegahan,Putusan Sengketa, bukan upaya Bawaslu untuk mempersulit KPU. Namun upaya Lembaga menjalankan tupoksi. Oleh karenanya Giat Sinergitas antara Stakeholder dan juga Penyelenggara Pemilu seperti ini menjadi Penting.”

Kordiv Penyelesaian Sengketa, Aries Mardiono

Penulis

Bagus

Foto

Isya