kalsel.bawaslu.go.id, Banjarmasin – Pencegahan pelanggaran adalah tindakan, Langkah-langkah, upaya mencegah secara dini oleh Pengawas Pemilihan secara berjenjang, Sebagai bentuk optimalisasi pencegahan pelanggaran pemiihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Barito Kuala. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan bersama Kompas TV melaksanakan talkshow Bincang Sore. Jum’at, (13/1) bertempat di Jalan As Musyaffa nomor 16.

 

Hadir sebagai narasumber pada Erna Kasypiah Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan pada Talkshow yang dipandu langsung oleh Array Prayoga mengangkat tema mengawal pilkada di dua Kabupaten.

 

Erna menyampaikan bahwa Bawaslu Kalsel beserta jajaran di bawahnya sudah melakukan upaya maksimal dalam mengawal proses pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Barito Kuala dengan cara melakukan pengawasan melekat dan melibatkan partisipasi publik.

 

“Bawaslu Kalsel dan Panwas sudah berusaha maksimal dalam melakukan pencegahan pelanggaran dengan melibatkan masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif” tutur erna

 

Perempuan yang aktif di lembaga pemberdayaan masyarakat ini juga mengapresiasi kinerja panwas dalam menekan angka pelanggaran, sampai saat ini angka pelanggaran yang sudah di tangani panwas sebanyak delapan pelanggaran.

 

Data pelanggaran yang terjadi di kabupaten Barito Kuala terkait Kampanye diluarjadwal, Pembagian uang Trasnport, Perusakan APK dan Memuat Gambar Presiden sedangkan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Mutasi pegawai, Penyerahan hadiah lomba 25 juta, Rapat camat dan kades se amuntai selatan menghadirkan Cabup.

 

Penulis : Subhani

Foto : Rosehan